PSI Targetkan 1 Juta Porsi Rice Box untuk Warga Isoman di 100 Kota dan Kabupaten

Terkini.id, Tangsel – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengisi bulan Agustus dengan bulan kemerdekaan untuk membagikan paket RiceBox Solidaritas Kemerdekaan di seluruh Indonesia. 

Dalam mengisi bulan kemerdekaan ini, PSI menargetkan 1 juta porsi makanan siap saji dibagikan untuk warga yang sedang melakukan isolasi mandiri (Isoman), Minggu 1 Agustus 2021.

Ketua Umum DPP PSI, Grace Natalie dalam kegiatan peluncuran Ricebox Solidaritas Kemerdekaan menyampaikan, kegiatan tersebut ditujukan untuk membantu masyarakat yang sedang isoman.

Baca Juga: Gempar Kritik Pengadaan Pakaian Anggota DPRD Kota Tangerang

“Kegiatan Rice Box Solidaritas Kemerdekaan ini bertujuan membantu rakyat yang sedang isolasi mandiri dan mereka yang terdampak Pandemi Covid-19,” terang, Grace Natalie melalui zoom yang dihadiri Terkini.id.

Grace menjelaskan, program RiceBox PSI tersebut mendapat antusiasme publik luar biasa. Dalam dua pekan saja, Grace menyebut sudah ada sekitar 1.400 donatur dengan nilai donasi lebih dari Rp 2 miliar atau setara dengan 200 ribu box.

Baca Juga: Pemkot Tangsel Diminta Tito Karnavian Bangun Tempat Isolasi Mandiri Terpusat...

“Nilai donasi berbeda-beda. Ada yang Rp 100 ribu, ada juga yang jutaan rupiah. Kami sangat berterima kasih dan terharu dengan partisipasi publik yang luar biasa ini. Terima kasih karena telah menaruh kepercayaan pada PSI,” ujar Grace Natalie.

Dengan bantuan para donatur tersebut, PSI memperluas jangkauan wilayah yang menerima RiceBox. Grace mengatakan, jika memungkinkan dengan bantuan para donatur, RiceBox akan dibagikan di 100 kota dan kabupaten.

“Jika memungkinkan dengan bantuan donatur yang berhati mulia, 1 juta rice box bisa kita bagikan di 100 kota dan kabupaten. Membantu sesama tak perlu menunggu kaya dulu. Cukup dengan Rp 10  ribu, itu sudah sangat berarti untuk sesama,”urainya.

Baca Juga: Stok Obat Covid-19 di Tangsel Memprihatinkan, Kadinkes : Sudah Sepekan...

Sementara, Ketua DPP PSI, Ratu Ayu Isyana Bagoes Oka dalam kesempatan itu pun menceritakan awal mula RiceBox PSI mulai digulirkan.

Menurut Isyana Bagoes Oka, Rice Box PSI tersebut sudah mulai dilaksanakan pada bulan April 2021 lalu. Awalnya, kata Isyana, saat itu hanya pengurus dan anggota legislatif saja yang berkontribusi.

“Namun sejak dua minggu lalu, kami juga mengundang partisipasi publik. Sehingga daya jangkau rice box ini bisa lebih luas,” ujar Isyana Bagoes Oka seperti dikutip Terkini.id melalui live zoom.

Kendati begitu, Isyana menjelaskan, acara peluncuran Rice Box Solidaritas Kemerdekaan itu dimaksudkan sebagai bentuk keterbukaan dan pertanggung jawaban ke publik. Misalnya, soal teknis pembagian dan profil penerima manfaat. 

Ada dua lokasi pembagian yang ditampilkan. Pertama, Plt Sekjen DPP PSI Dea Tunggaesti yang menghadiri di Cilincing, Jakarta Utara, dan yang kedua Ketua DPW PSI Banten Azmi Abubakar di Ciputat, Tangerang Selatan.

“Untuk dua lokasi itu kebetulan tidak ada pembagian untuk Isoman. Nah, untuk yang isoman tidak ada kontak langsung. Makanan ditaruh di pagar atau gagang pintu. Kami sangat memperhatikan prokes,” kata Isyana.

Terpisah, Ketua DPW PSI Banten, Azmi Abubakar saat ditemui di RT 002/RW 10, Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menyampaikan, dalam program RiceBox pihaknya telah membagikan sedikitnya 10.000 paket.

Menurut mantan bakal calon Wali Kota Tangsel itu, pihaknya berharap bahwa RiceBox akan terus bertambah hingga akhir tahun.

“PSI Banten, sampai hari ini telah membagikan lebih dari 10.000 Ricebox dan akan terus bertambah sampai akhir tahun ini,” terang Azmi Abubakar saat ikut serta turun langsung membagikan RiceBox di Ciputat.

“Tangsel saja sudah 4 kecamatan yang terjangkau, dan akan terus kita tambah. Ini komitmen kami kepada para kader dan donatur yang ikut membantu kegiatan ini,” tegas Azmi Abubakar. (Don).

Bagikan