TPU Jombang Tidak Gratis untuk Jenazah Covid-19, Ini Besaran Retribusi yang Ditanggung Keluarga

Terkini.id, Tangsel – Jenazah Covid-19 di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) tidak gratis ketika disemayamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) khusus Covid-19, Jombang, Ciputat, Tangsel, Rabu 28 Juli 2021.

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel, masih membebankan restribusi untuk biaya sewa lahan pasien Covid-19 yang disemayamkan di TPU Jombang.

Biaya retribusi yang ditanggung keluarga bervariasi antara Rp 250.000 hingga Rp 1.000.000 rupiah. Retribusi itu untuk sewa lahan per tiga tahun.
 
Salah satu anggota keluarga jenazah Covid-19, RM (41) kepada wartawan mengaku bingung lantaran keluarganya dibebani biaya Rp 1 juta untuk pemakaman. 

Baca Juga: Dapat Bantuan 50 Tabung Oksigen, Pemkot Tangsel Fokuskan untuk Kebutuhan...

“Pak, keluarga saya kok masih ditarik biaya Rp 1 juta saat akan pemakaman, penarikan biaya melalui RW. Saya bingung, korban Covid kok masih ada biaya, apa tidak ditanggung pemerintah,”terang RM saat berbincang dengan wartawan.

Terpisah, Kepala Seksi (Kasi) Pemakaman, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimta) Tangsel, Nazmudin saat dikonfirmasi wartawan menjelaskan adanya restribusi pemakaman.

Baca Juga: Tingkatkan Literasi dan Kemampuan Guru Memasuki Dunia Digital, Pemkot Tangsel...

Menurut Nazmudin, retribusi pemakaman tersebut sudah diatur dan tertuang sesuai dalam Perda No. 9 tahun 2014 tentang retribusi. Retribusi pemakaman itu, kata dia, tidak hanya terjadi di TPU Jombang.

“Perda No. 9/2014 tentang Retribusi, KTP Tangsel Rp 250 ribu dan KTP luar Tangsel dikenakan retribusi Rp 1 juta, empat kali lipat. Retribusi untuk semua TPU di Tangsel,” terang Nazmudin kepada Terkini.id melalui seluler.

Kendati demikian, Nazmudin menjelaskan pihaknya tidak membebankan biaya ambulan, peti jenazah dan gali kubur kepada keluarga jenazah Covid-19.

Baca Juga: Pemkot Tangsel Diminta Tito Karnavian Bangun Tempat Isolasi Mandiri Terpusat...

Dengan begitu, Nazmudin mewanti-wanti kepada anak buahnya yang ada di TPU Jombang untuk tidak memungut biaya selain retribusi pemakaman.

“Untuk angkutan, peti sama gali kuburnya oleh kita gratiskan kepada keluarga. Kalau di TPU insya allah, saya selalu wanti-wanti ke anak-anak jangan sampai ada pungutan selain retribusi,” ujarnya. (Don).

 

Bagikan