Tito Karnavian Soroti Minimnya Ketersediaan BOR di Tangsel

Terkini.id, Tangsel – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian soroti minimnya ketersediaan Bed Occupancy Rate (BOR) di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Selasa 27 Juli 2021.

Lantaran itu, Mendagri Tito Karnavian meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel dengan segera menambah ketersediaan BOR. 

Pasalnya, Tito Karnavian tak ingin pasien covid-19 dengan gejala berat dirawan di isolasi mandiri.

Baca Juga: Pemuda Muhammadiyah Kota Tangsel Gelar Musyawarah Daerah ke IV

“Memang meskipun angka positif ratenya naik turun, fluktuatif, saya memberi catatan khusus mengenai BOR masih di atas 60%,” terang Mendagri Tito Karnavian di Balaikota Tangerang Selatan.

“Ini perlu diwaspadai, karena kalau bed-nya di atas 60%, itu artinya masyarakat masih kesulitan mendapatkan tempat perawatan,” urainya.

Baca Juga: Reformasi Agraria Jokowi Terancam Ompong, Pengamat : Buktinya Mafia Tanah...

Dengan demikian, Tito berharap penambahan Bed untuk pasien Covid-19 di Tangerang Selatan, bisa dilakukan di Rumah Sakit (RS) milik pemerintah dan RS swasta.

“Untuk itu, perlu dilakukan penambahan bed untuk pasien Covid-19 baik di RS pemerintah maupun swasta,”jelas Mendagri Tito Karnavian.

Diwaktu yang sama, Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie dalam kesempatan mendampingi Mendagri Tito Karnavian, mengakui adanya kekurangan BOR. 

Baca Juga: Lomba Baca Teks Proklamasi Fraksi PKS, Teguh Wibowo Mewakili Kota...

Menurut Benyamin, kedepan pihaknya dengan segera akan menambah tempat tidur khususnya untuk Intensive Care Unit atau ICU.

“Kedepan dihilir, kami akan mempersiapkan ketersediaan tempar tidur terutama ICU yang banyak dibutuhkan masyarakat,” jelas Walikota Tangerang Selatan Benyamin Davnie.

Benyamin menjelaskan, untuk menambah Bed tersebut, pihaknya membeberkan lantaran sebanyak 71 tempat tidur  di 22 rumah sakit di Tangerang Selatan sudah penuh.

“Dari sekitar 22 RSU di Kota Tangsel, 71 tempat tidurnya penuh semua,” pungkasnya. (Don).

Bagikan